Imunisasi Hepatitis A Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Hepatitis A merupakan salah satu virus yang menyebar secara fecal-oral atau perpindahan virus dari bahan yang terkontaminasi feses atau juga tinja dari si penderita ke mulut orang yang sehat. Tinja tersebut bisa saja berada dan terbawa di dalam makanan, air atau benda-benda tertentu karena proses pengolahan makanan dan minuman tidak memperhatikan tingkat kebersihan. Nah untuk mencegahnya, maka diperlukan pemberian imunisasi Hepatitis A.

Pengertian Imunisasi Hepatitis A

Imunisasi Hepatitis A merupakan salah satu jenis imunisasi yang berisi virus Hepatitis A yang tidak aktif. Pemberian imunisasi ini juga untuk merangsang tubuh agar bisa membuat antibodi sehingga terbentuk kekebalan aktif. Imunisasi ini sangat efektif dilakukan untuk mencegah penyakit Hepatitis A sebesar 94% – 100% jika diberikan sebanyak dua kali vaksinasi. Imunisasi ini juga bisa diberikan bersamaan dengan imunisasi yang lain.

Imunisasi Hepatitis A dibagi menjadi 3 jenis, di antaranya imunisasi kombinasi Hepatitis A dan B, imunisasi kombinasi Hepatitis A dan tifus serta imunisasi Hepatitis A. Di Indonesia, imunisasi yang sering diberikan adalah Hepatitis A dan imunisasi kombinasi Hepatitis A dan B. Namun, jika Anda ingin melakukan imunisasi ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui imunisasi mana yang Anda butuhkan.

Jadwal Imunisasi Hepatitis A

Imunisasi Hepatitis A diberikan dalam dua kali suntikan dan dengan jarak waktu sekitar 6 – 12 bulan. Imunisasi ini tidak dianjurkan diberikan untuk anak yang berusia di bawah 1 tahun, namun penelitian menunjukkan bahwa anak yang berusia di atas 6 bulan dan tidak memiliki alergi terhadap isi vaksin ini, bisa diberikan imunisasi Hepatitis A.  untuk seseorang yang ingin bepergian ke wilayah yang beresiko terjangkit Hepatitis A, maka sebaiknya merencanakan pemberian imunisasi 6 bulan sebelum bepergian. Namun, akan lebih baik jika imunisasi dilakukan 1 bulan sebelum bepergian.

Manfaat Imunisasi Hepatitis A

Manfaat dari pemberian imunisasi Hepatitis A yaitu untuk mencegah terjangkitnya penyakit Hepatitis A yang menyebabkan infeksi pada organ hati. Untuk itu, langkah terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit ini yaitu dengan melakukan imunisasi Hepatitis A sejak usia dini.

Efek Samping Imunisasi Hepatitis A

Sama seperti imunisasi-imunisasi lainnya, imunisasi Hepatitis A juga bisa menyebabkan efek samping bagi penggunanya. Namun, kemungkinan efek samping yang ditimbulkan oleh imunisasi ini sangatlah kecil terjadi. Beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah melakukan imunisasi Hepatitis A antara lain sebagai berikut:

  1. Nyeri pada daerah bekas suntikan
  2. Nyeri kepala
  3. Hilangnya nafsu makan
  4. Merasa lelah

Gejala efek samping tersebut biasanya hanya berlangsung sekitar 1 sampai 2 hari. Namun selain efek samping ringan seperti di atas, pemberian imunisasi Hepatitis A juga bisa menyebabkan efek samping berat yaitu alergi berat yang akan berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam saja setelah melakukan imunisasi.

Demikian informasi tentang imunisasi Hepatitis A yang penting bagi kesehatan. Jika mengalami efek samping berat yang tidak kunjung sembuh setelah pemberian imunisasi, segera periksakan ke dokter untuk mencegah terjadinya hal yang lebih buruk.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *