Pengertian, Jadwal, Manfaat Dan Efek Samping Imunisasi BCG Untuk Bayi

Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) merupakan pencegahan bagi penyakit dengan merangsang kekebalan tubuh dengan cara memberikan vaksin atau kuman yang sudah dilemahkan. Selain itu, pemberian imunisasi ini wajib diberikan kepada bayi atau anak-anak agar kekebalan tubuh bayi mampu mencegah resiko penyakit Tuberculosis. Lalu, sebenarnya apa itu imunisasi BCG, manfaatnya, jadwal pemberian dan efek sampingnya?

Pengertian Imunisasi BCG

Imunisasi BCG merupakan salah satu jenis vaksin yang dibuat dari Mycobacterium Bovis atau baksil tuberculosis yang sudah mengalami proses pelemahan bakteri. Menurut penelitian, vaksin ini dapat memberikan antibodi untuk tubuh bayi agar terhindar dari penyaki Tuberculosis dan memberikan efek perlindungan hingga 10 tahun.

Jadwal Imunisasi BCG

Jika Anda ingin memberikan vaksin ini kepada buah Hati, sebaiknya diberikan sejak bayi berusia 2 bulan. Namun, jika bayi yang diberikan sudah berusia di atas 2 bulan, maka harus melakukan beberapa tes seperti tes mantoux atau tuberkulin terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui apakah anak tersebut sudah terkena kuman Tuberculosis atau belum.

Jika bayi terindikasi sudah tertular kuman, maka harus diberikan pengobatan yang harus dikonsumsi hingga 6 bulan. Untuk pengobatan ini harus selalu dipantau dan tidak boleh lupa untuk mengkonsumsinya.

Manfaat Imunisasi BCG

Banyak yang menganggap bahwa Tuberkulosis (TBC) hanya menyerang paru-paru saja, namun kenyataannya bakteri Mycobacterium Tuberculosis dapat menyerang semua organ tubuh manusia seperti otak, tulang, spinal dan ginjal. Untuk itu, diperlukan upaya pencegahan dengan memberikan vaksin kepada setiap orang yang beresiko terkena penyakit seperti bayi atau anak-anak. Karena hal tersebut dibuatlah vaksin BCG yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi sehingga mampu menangkal penyakit Tuberculosis.

Efek samping Imunisasi BCG

Untuk efek samping pemberian vaksin yang melalui suntikan ke dalam kulit yang penuh dengan saraf, maka bayi akan rewel setelah imunisasi karena rasa sakit yang ditimbulkan. Selain itu, pada lokasi penyuntikan setelahnya akan mengalami pembengkakan kecil yang berwarna merah, yang kemudian akan muncul nanah dan meninggalkan bekas luka parut. Namun, kadang-kadang juga timbul pembesaran kelenjar getah bening di sekitar ketiak selama 2 sampai 4 bulan setelah imunisasi.

Jika bayi Anda setelah imunisasi mengalami gejala di atas, tidak perlu takut karena efek samping tersebut tidak bahaya. Namun, jika pembengkakan terlalu besar dan tidak sembuh dalam waktu yang lama segera hubungi dan konsultasikan kepada dokter atau petugas kesehatan terdekat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian, jadwal, manfaat dan efek samping imunisasi BCG. Nah, untuk Anda para orang tua yang mempunyai buah hati yang masih bayi, jangan sampai lupa untuk memberikan imunisasi secara rutin di posyandu atau tempat layanan kesehatan. Untuk harganya pun sangat terjangkau, karena vaksin ini mendapat subsidi dari pemerintah dan terkadang ada yang memberikan secara gratis. Dengan memberikan imunisasi sesuai jadwal, berarti Anda telah memberikan kasih sayang dan tanggung jawab untuk melindungi buah hati.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *